Erikon7

Helping you to bring your concepts and ideas to life.

Efisiensi Menggunakan Kapasitas Storage Media

Kapasitas media penyimpanan (storage media) sekarang ini sudah mencapai satuan Gigabyte, bahkan kapasitas Terabyte (1000 Gigabyte) sudah mulai dikembangkan. Tetapi terkadang kita merasa kapsitas penyimpanan yang kita punya masih kurang. Misalkan kita punya harddisk 40 GB, diisi banyak aplikasi, musik, video, gambar, dll, tanpa kita sadari ternyata tersisa tinggal 1 GB. Ada banyak penyebab media penyimpanan kita cepat habis, antara lain:

  • tidak pernah di-defragment

  • menyimpan file-file berukuran kecil dalam jumlah yang sangat banyak


Mengapa menyimpan file berukuran kecil dapat menguras space? Hal ini berhubungan dengan struktur sistem file yang digunakan storage media tsb. Ada bermacam-macam file system yang digunakan yaitu FAT, FAT32, NTFS, EXT3(untuk linux), dll. Masing-masing file system mempunyai karakteristik tersendiri. Berikut tabel perbandingan dari macam-macam file system yang paling umum.




















 FAT16FAT32NTFS
Size/Cluster16KB16KB4KB
Max space handled 2GB8TB256TB

Tiga macam file system di atas menyimpan satu file dalam cluster-cluster. Sehingga apabila kita menyimpan file yang berukuran hanya 1 byte maka file tersebut akan menghabiskan space sebesar 1 cluster (pada FAT32 menghabiskan 16KB).

Sebagai contoh anda punya flashdisk 1GB dengan file system FAT, dan berisi 2000 file yang semuanya berukuran 1 byte. Satu file akan menghabiskan space 16KB. Maka untuk seluruh file tsb akan menghabiskan 32000KB atau kira-kira 32MB. Benar-benar pemborosan yang luar biasa! Lalu bagaimana cara supaya file-file tsb tidak memakan tempat? Gunakan program kompresi! anda bisa menggunakan Winzip, WinRAR, fitur compresi internal yang disediakan Windows XP, dan banyak lagi program kompresi yang gratis maupun yang berbayar.

Sebenarnya yang benar-benar dimanfaatkan bukan kompresinya, tetapi adalah menyatukan semua file tersebut menjadi satu file yang utuh. Dari 2000 file tsb apabila dikompres, maka total file-nya menjadi kira-kira 2000 byte (2KB). Ukuran ini jika disimpan pada file system FAT hanya menghabiskan 16KB. Lebih hemat, kan?

Cara ini bisa anda terapkan jika anda ingin menyimpan banyak file gambar (lebih dari 1000 gambar) yang berukuran tidak terlalu besar pada USB flash drive (UFD). File-file tsb sebaiknya anda kompres dahulu di harddisk (jangan langsung pada UFD karena akan memperpendek umur pakai), kemudian setelah itu bisa di-copy ke UFD. Cara ini selain menghemat space, menghemat waktu karena UFD membutuhkan waktu yang lebih lama untuk meng-copy file dalam jumlah sangat banyak, juga UFD menjadi lebih awet. Pengalaman saya meng-copy 500 file gambar berukuran rata-rata 40KB secara langsung menghabiskan waktu kira-kira 30 detik. Sedangkan jika saya kompres menghabiskan total waktu kira-kira 9 detik (6 detik untuk kompres, 3 detik untuk meng-copy).

Semoga tips ini bisa bermanfaat, dan selamat mencoba!

Referensi: Tips merawat flash disk, Wikipedia

0 comments:

Post a Comment